Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Smartphone memang sudah menjadi kebutuhan di jaman modern seperti sekarang ini. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh yang praktis dan fleksibel, smartphone yang beredar juga telah dilengkapi dengan sejumlah fitur dan inovasi menarik bagi penggunanya. Sebut saja mp3 player, camera, video, serta spesifikasi lain yang dijamin membuat siapapun tergiur untuk memilikinya. 
Terlepas dari segudang manfaat yang ditawarkan, bukan berarti gadget kesayangan Anda terbebas dari masalah. Loading yang lama misalnya. Persoalan klasik inilah yang kerap membuat pengguna android didera kekhawatiran.

Tapi sekarang Anda tidak perlu cemas, mengenali penyebab android lemot dan cara mengatasinya di bawah ini bisa Anda jadikan antisipasi atau solusi apabila sewaktu-waktu hp Anda mengalami trouble serupa.



Berikut adalah beberapa penyebab Android menjadi lemot :
1. Spesifikasi yang tidak sesuai sistem operasi
Produsen gadget kelas dunia pun tidak mau ketinggalan menyuguhkan terobosan baru demi menarik lebih banyak pembeli. Selain pembaruan di sektor dapur pacu, resolusi kamera, atau fitur lain yang semakin memudahkan pengguna, mereka pun menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk merancang OS android terbaru. Kitkat, Marshmallow, dan Nougat misalnya. Ketidakmampuan ponsel dengan kapasitas minim inilah yang mengakibatkan android Anda lag.
2. Prosesor yang tidak memadai
Inilah kriteria yang signifikan dalam penyebab android lemot dan cara mengatasinya yang kurang dipahami oleh mayoritas orang. Pastikan lebih dulu bahwa Anda mengetahui keterangan lengkap mengenai smartphone yang akan Anda beli.
3. SMS dan Log Aktivitas yang menumpuk
Kebiasaan yang berdampak buruk ialah membiarkan sms baik masuk maupun keluar sampai banyak. Secara tidak langsung, situasi ini akan memicu smartphone untuk bekerja secara ekstra agar informasi atau pesan yang Anda terima bisa diakses. Jika sms tersebut sudah tidak penting, ada baiknya untuk segera menghapus.
4. Memasang aplikasi yang tidak penting
Kita hidup biasanya memang memerlukan banyak sesuatu, tapi jika terlalu banyak itu juga tidak baik. Seperti halnya ketika memakai sebuah smartphone khususnya android. Jika kita terlalu banyak memasang aplikasi yang tidak penting, maka hp akan terasa semakin berat saja kinerjanya. Karna walaupun aplikasi tidak digunakan, tetapi data-datanya tetap tersimpan pada memori telepon.

5. Menyimpan file terlalu banyak di memori internal
Hindari pemasangan aplikasi atau menyimpan dokumen dalam jumlah yang banyak atau hampir memenuhi penyimpanan memori internalnya. Hal ini akan membuat smartphone Anda menjadi lemot dan sistem kerjanya semakin berat.

Dan berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasinya :
1. Update OS 
Bila Anda mendapatkan notifikasi untuk mengupdate sistem operasi pada android, segera lakukan. Sebab hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa ada program yang sudah tidak bisa dijalankan lagi. pengguna gadget mungkin merasa bahwa langkah ini sepele dan tidak berguna. Namun siapa sangka jika dampak yang ditimbulkan cukup serius?
2. Membersihkan semua aktivitas terakhir 
Selepas menggunakan ponsel maka datanya akan tersimpan pada satu wadah yang dikenal dengan istilah recent place. Tahukah anda jika semakin besar jumlah recent place menjadi pemicu smartphone menjadi lambat?. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan aplikasi pembersih yang tersedia gratis di google play.
3. Menonaktifkan autobrightness dan auto rotate
Layar hp yang terang memang menawarkan kenyamanan bagi penggunaannya, tapi ini juga menjadi penyebab android anda lamban. Apabila anda bermaksud mengaplikasikannya, maka atur lama waktu yang dibutuhkan. Anda lebih disarankan untuk memakai kecerahan layar yang standar saja. Tampilan layar yang mengikuti posisi gadget juga membuat sistem jadi banyak terpakai.
4. Kembali ke pengaturan pabrik 
Factory reset lebih direkomendasikan saat terjadi kendala ketika anda mengakses handphone. Inilah amunisi paling ampuh untuk menumpas loading yang lama pada gadget Anda. Tapi aktifkan fitur cadangkan akun serta backup data agar file-file yang penting tidak hilang.

Baca Juga :


Demikian informasi mengenai penyebab android lemot dan cara mengatasinya, semoga bisa bermanfaat bagi sobat yang mengalami android nya lemot. Pesan dari saya, jangan sampai sobat membanting android sobat ya, apalagi cuma gara-gara android lemot :D


Sekian dari saya, sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya. Sampai jumpaa!

  24 komentar:

  1. Kalo saya sih tiap bulan pasti ganti ROM, jadi gak berasa lemot Android nya hehee

    BalasHapus
  2. Kalau saya sih yang penting HH udah ke riot bisa Oprek deh masalah kaya lemot gitu

    BalasHapus
  3. Nah ini nih yg saya caru, kebetulan setelah update ke android lolipop kok malah ngelag. Terima kasih gan

    Jangan lupa main-main ke blog saya juga gan > Catatan Kecil | Tempat Untuk Berbagi Pengalaman

    BalasHapus
  4. wah pantesan aja Android saya lemot :D thank infonya gan

    BalasHapus
  5. sudah lah
    kalo emang lemot ya lemot
    tidak usah mengelak spec hp yg dipunya :D
    uang menentukan spek :p :v
    wkwk..

    BalasHapus
  6. thx gan saya sudab mengikuti cara no 2.Membersihkan semua aktivitas terakhir, berhasil sudah tidak terlalu lambat kinerja smartphone saya. nic info gan..

    BalasHapus
  7. Cocok tips nya nih ,hp ane jg lemot gan, nyoba dulu ah cara caranya siapa tau bisa lancar kembali. Thanks gan.

    BalasHapus
  8. Cara no 4 sering banget aku lakuin, tapi datanya wajib dibackup dulu dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya wajib backup gan, sayang kan kalo datanya semua hilang emot5

      Hapus
  9. Kalo kebanyakan aplikasi juga bikin lemot boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, seperti di penyebab android lemot di point nomor 4. jangan terlalu banyak memasang aplikasi yang tidak penting

      Hapus
  10. Saya pake google nexus, tips no 4 : Kembalikan ke setelan pabrik yang kerap saya lakukan untuk membuat android kembali enteng....

    BalasHapus
  11. ooh seperti ituuu 😂😂😂😂😂

    BalasHapus

Like for Update via Facebook

Translate